Japan Winter Holiday - Day 4 Tobu Nikko

Seperti yang udah gue susun di itinerary, hari ke empat kami memulai perjalanan dengan Tokyo Rail Days atau di Jakarta bernama Kanto Buffet. Ada beberapa alternatif wisata yang bisa lo pilih dengan Kanto Buffet ini,diantaranya:

Jalur 1: Kusatsu Onsen
Jalur 2: Atami Onsen
Jalur 3: GALA Yuzawa
Jalur 4: Mt. Fuji + Kawaguchiko
Jalur 5: Nikko Edo Wonderland

Nah, kalo lo beli banyak paket sekaligus, lo akan lebih untung. Setelah menimbang-nimbang (karena Jarod bertato dan di Jepang orang bertato nggak boleh masuk onsen), kami memilih berwisata di 3 jalur kecuali masuk onsen, yaitu jalur 3-5. Total dari 3 jalur yang ada di pamflet sih jadi Rp. 2,230 juta plus naik Shinkashen, tapi itu belum termasuk sewa perlengkapan ski buat di GALA Yuzawa. Yaelah, mo ngapain jauh-jauh kesana kalo nggak bisa main Ski? Jadi, gue pesen paket ini plus sewa perlengkapan ski dan naik gondola (jadi kalo lo ga bayar buat naik gondola, sampe disana lo cuma bisa anget-angetin badan doang di stasiun). Total keseluruhan yang sudah gue bayar lewat Dwidaya Tour adalah Rp. 6950 juta.

Kalau udah bayar, biasanya tiket bisa diantar ke hotel tempat kamu menginap di Jepang, tapi karena gue menginap dirumah teman, gue harus ambil tiket tersebut di JR East Tourism Information Center yang ada di Tokyo Subway Station (yang gue ambil di hari pertama). BTW, kalo lo baru sampe di Jepang dan pengen langsung jalan-jalan kaya gue, daripada bolak balik penginapan buat naro koper mendingan di taro aja di loker. Harga penitipan koper di stasiun kereta antara JPY 300-600 buat koper gede kaya punya gue, yang bisa muat sampai 20 kg.

Tahu nggak sih, orang Jepang itu helpful banget. Biarpun sulit ngomong bahasa inggris mereka bakal tetep bantu menjawab apa yang lo tanyain. Beda banget sama orang singapur (>-<) soalnya waktu di sinpoh gue sering diusir kalo udah ngomong b.ing. HHHHAAAA!!!

SO!

Berangkat ke Nikko Edo Wonderland jam 8:28AM yang artinya kami harus berangkat dari Sagamihara jam 6 pagi, itu aja hampir ketinggalan karena gue kelamaan ngantri toilet. Bener-bener harus liat jam! Perjalanan dari Shinjuku ke Nikko Tobu cuma sekitar 1,5 jam-an dengan pemandangan salju. Iya, pas kemaren kita kesana di hari ke 4 pertama kalinya turun salju di Jepang. Pas banget timingnya bagi manusia yang cuma pernah megang salju di freezer ini...

Foto di Kereta Mahal
TADAAAAA!

Kami sampai di Tobu Nikko!

Karena letaknya di pegunungan, suhu di kota ini bener-bener-bener-bener dingin!

Dari stasiun, kami berjalan sekitar 5 menit (kecepatan orang Jepang) untuk ke Free Shuttle Bus untuk ke Nikko Edo Wonderland. FYI ya, kalo beli paket itu nanti kita dibekalin map plus itinerary perjalanan mulai dari shinjuku, jam berapa aja shuttle bus nya lewat dan jam berapa lo udah harus keluar dari tempat main. Karena train yang digunakan adalah reserved seat, lo gabisa seenaknya pulang duluan atau lewat dari yang udah di jadwalkan. U NO?

NIKKO EDO WONDERLAND

Merupakan tempat bermain dengan tema EDO. Disini kita seolah-olah berada di zaman saat Jepang belom punya AKB48 dan game show aneh-aneh. Semua crew disini ramah-ramah, semua pasti bilang "Gosemasei" Bener gitu nggak nulisnya? Googling sendiri aja.

Datang disambut Samurai X

Ditawan Penjahat. Atut tapi Keep Smile

Geisha Performance

Samurai Cari Makan Siang

Mas-Mas Bersamurai (lagi)

Hey Lihat, Ada Sate Cimol

Perempuan Yang Lemah
Sebenernya disana ada semacam penyewaan kostum dimana kamu bisa keliling tempat bermain dengan kostum tradisional Jepang seharian. Gue sih pengen.... Dompetnya yang nggak... Tapi gapapah, yang penting beli yakitori pake pork belly. ENYAAAAK!

Oh iya, ada satu atraksi yang nggak boleh difoto yaitu Ninja Show. Sayang banget... Padahal atraksinya keren, semua aktor presisi banget di timing jadi gaada kesalahan.

Pulang dari Nikko Edo Wonderland kami mampir makan malam di warung ramen langganan dekat apartemen. HAHAHA! Dari pertama masih bingung sama cara pesennya sampe  apal sendiri. Gue lagi mikir... Mas nya yang bikim ramen pasti sekarang lagi nyariin...

Mesin Pemesan Makanan

Langkah-langkah memesan makanan di Jepang:

1. Tentukan pesanan lewat menu dan gambar yang disediakan didepan warung
2. Masukkan uang kedalam mesin tersebut dan tekan tombol makanan yang kamu pilih
3. Kalo ada yang antri dan kamu masih pengen pesen yang lain tapi masih bingung, persilahkan dulu orang tersebut untuk menggunakan mesin
4. Nanti akan keluar kupon plus kembalian, nah kuponnya dikasih ke crew restoran
5. Kecuali maubeli beer, nggak usah pesen minum karena rata-rata disediakan air putih gratis

Makan Irit Kenyang dan Enak
Kaya yang udah gue jabarin di postingan Hari Pertama, karena 1 porsi makanan di Jepang itu banyak banget, jadi gue tinggal pesen side dish aja, nanti kuahnya minta Jarod. Makan Ramen pertama kali berdua habis JPY 1600 sedangkan di hari berikutnya kaya gini cuma habis JPY 800! Udah sama tambahan telor rebus 2 biji. Eh, itu side dish nya enak banget padahal cuma irisan daun bawang sama pork.
Egg Yolk Yang Sempurna

Ketemu GABAN

Warung Ramen Tampak Depan
Jangan lupa, selesai makan tissue nya dibuang sendiri ya... Terus mangkok-mangkoknya dirapihin nampan dan ditaro lagi di meja warung, jangan selonong boy....

Yang kaya gini sih yang gak bisa jadi habbit di negara kita, sering banget liat abege nongkrong di Indomare*t terus kalo udah kelar sampahnya dibiarin gitu aja. Mentang-mentang bayar terus kaya punya hak buat ga buang sampahnya sendiri gitu. Aduh...